Trik Hilangkan Kantuk Usai Makan Siang
Kesehatan

Trik Hilangkan Kantuk Usai Makan Siang

Senin, 18 Jan 2016 | 14:00 | Nadia Chevina
WinNetNews.com - Mengantuk usai makan siang dialami banyak pekerja kantoran. Mata rasanya ingin terpejam dan tubuh tidak semangat bekerja padahal tugas yang belum selesai masih setumpuk. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, paling tidak ada sembilan hal yang bisa Anda coba agar tetap bisa segar hingga sore hari.

1. Jalan-jalan sebentar usai makan siang

Aktifitas fisik dapat meningkatkan aliran darah, menghasilkan oksigen, dan nutrisi jaringan otot. Dengan berolahraga secara alami energi tubuh akan meningkat sehingga rasa kantuk berkurang.

Oleh karena itu, agar kantuk tak menyerang, setelah makan siang baiknya olahraga ringan seperti jalan-jalan di sekitar kantor atau menaiki anak tangga saat kembali ke meja kerja.

2. Minum kopi sesudah makan siang

Kopi memang bisa meningkatkan energi, tapi jangan meminumnya terlalu lama dari waktu makan siang. Jika lebih dari pikul 14.00 saat nanti malam sulit tidur. Rata-rata tubuh butuh tiga hingga tujuh jam menyingkirkan kafein dalam tubuh.

3. Minum air putih

Jika tak suka minum kopi, konsumsi banyak air putih saat mengantuk. Bisa jadi Anda dehidrasi sehingga kelelalan, suasana hati kurang baik, dan sulit berkonsentarasi.

4. Dengarkan musik favorit

Mendengarkan musik favorit di saat bekerja ternyata dapat meningkatkan produktivitas. Dalam penelitian yang dilakukan di Universitas Miami meminta partisipan mendengarkan musik saat bekerja selama tiga minggu. Ternyata, setelah tidak lagi mendengarkan musik kualitas pekerjaan menurun.

5. Hindari makanan cepat saji

Makanan cepat saji mempercepat lonjakan gula darah dalam tubuh, yang membuat energi berkurang dan badan mudah lesu. Perbanyak makan makanan yang mengandung protein, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur dan karbohidrat komplek seperti gandum, kacang-kacangan yang memiliki kandungan energy tinggi. Dianjurkan pula untuk mengonsumsi sayuran hijau yang mengandung zat besi seperti bayam dan kangkung yang dapat membantu mengurangi kelelahan.

6. Makan dalam porsi sedikit

Makan terlalu banyak akan memperlambat pencernaan, membuat Anda kurang nyaman dan perut terasa begah. Lebih baik konsumsi makanan dalam porsi kecil perbanyak sayur dan buah-buahan.

7. Jangan abaikan makan siang

Jangan sampai alasan sibuk membuat Anda tak makan siang. Membiarkan perut kosong selama lima jam mampu membuat tubuh lemas. Jika situasi tak memungkinkan untuk segera makan siang, konsumsi makanan ringan yang mengandung protein dan karbohidrat.

8. Aturlah jadwal tidur dengan baik

Kita membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur per malam, agar fungsi tubuh berjalan dengan baik. Kekurangan tidur bisa membuat waktu siang hingga sore jadi melelahkan.

9. Kunyah permen karet

Menurut penelitian, mengunyah permen karet 15 sampai 20 menit dapat membuat tubuh lebih bangun. Dalam penelitian di St. Lawrence University diperoleh jika siswa yang sebelum dan selama tes mengunyah permen karet memiliki nilai uji memori dan daya ingat yang lebih baik daripada yang tidak.

Dilansir dari laman Reader's Digest dan liputan6 

TAGS:
info kesehatanhilangkan kantukmakan siang

RELATED STORIES

Loading interface...