Tujuh Fakta Negara Amerika Serikat yang Jarang Kamu Ketahui
Ilustrasi: Transparancy International
Traveling

Tujuh Fakta Negara Amerika Serikat yang Jarang Kamu Ketahui

Sabtu, 9 Nov 2019 | 16:30 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Amerika Serikat dikenal sebagai negara super power di dunia. Memiliki sebanyak 50 negara bagian dengan luas wilayah sebesar 9,38 meter persegi, negara ini bukan hanya menjadi tujuan wisatan, namun menjadi destinasi untuk menempuh pendidikan, bekerja, dan mengejar mimpi.

Sebagai ngeara adikuasa dunia, Amerika Serikat memiliki segudang fakta yang tersembunyi. Ingin tahu apa saja fakta-faktanya? Simak artikel berikut ini ya!

1. Asal muasal kata ‘Paman Sam’

image0
Ilustrasi: Uncle Sam (foto: Kompas Internasional)

Seorang penyuplai daging yang berasal dari Arlington, Massacusetts, Samuel Wilson, memiliki tugas untuk mengantarkan daging kepada tentara Amerika Serikat di masa perang. Pria yang lahir pada 1766 ini kemudian menyimpan dagingnya dalam tong-tong kayu sebelum akhirnya dikirim ke barak-barak para tentara dan menuliskan 'US' (United States) di permukaan tongnya.

Para tentara yang menerima daging tersebut salah mengira tulisan. Mereka mengartikan 'US' sebagai Uncle Sam. Selepas itu, demam Uncle Sam semakin melanda di Amerika karena digunakan dalam radio dan surat. Sebutan ini kian melejit setelah dijadikan figur yang dibuat oleh James Montgomery Flagg dan Thomas Nasr dalam kartun bertema politik.

2. Hanya punya bahasa Inggris sebagai bahasa nasional

image1
Ilustrasi: US Ready

Tidak seperti Indonesia yang memiliki bahasa pemersatu karena beragamnya suku, budaya, dan bahasa. Amerika serikat memilih Inggris sebagai bahasa nasionalnya. Bahasa ini dipilih karena kebanyakan masyarakatnya merupakan penduduk Amerika mesikpun sebanyak 45 juta orang mengaku keturunan Jerman. Bahasa Inggris juga sempat menang dari Bahasa Jerman saar debat kongres yang diadakan pada tahun 1795.

3. Negara paling obestias di dunia

image2
Ilustrasi: Market Watch

Kalau kamu sering melihat di film bahwa Amerika Serikat memiliki segudang pria dan wanita dengan tubuh eksotis dan memesona, maka kamu memang sudah dibohongi. Pasalnya, 33% populasi di Amerika Serikat menderita obesitas dan 66% sisanya mengalami kelebihan berat badan. Enggak heran sih karena beberapa tempat makan dan restoran di Amerika Serikat hobi banget menghidangkan makanan dalam porsi jumbo.

TAGS:
travelingAmerika Serikatfakta Amerika Serikat

RELATED STORIES

Loading interface...