UN Untuk SMP Dipastikan oleh Kemdikbud Dilaksanakan
Foto: ujiannasioanl.org
Edukasi Umum

UN Untuk SMP Dipastikan oleh Kemdikbud Dilaksanakan

Sabtu, 29 Apr 2017 | 11:17 | Gunawan Wibisono

WinNetNews.com - Ujian Nasional (UN) tingkat SMP akan digelar pada tanggal 2 hingga 8 Mei pekan depan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memastikan UN siap dilaksanakan.

Distribusi soal untuk Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) disebut sudah sampai ke semua kabupaten, hingga ke daerah terpencil. "Alhamdulillah, untuk yang UNKP soal sudah siap di semua rayon. Daerah 3T soalnya sudah siap duluan," ujar Kepala Pusat Pendidikan (Kapuspendik) Kemdikbud, Nizam,Sabtu (29/4/2017).

Senada dengan Nizam, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemdikbud, Hamid Muhammad menegaskan soal-soal untuk UNKP sudah sampai di seluruh kota dan kabupaten, termasuk daerah terpencil. Soal-soal di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) sudah disiapkan terlebih dahulu.

"UN SMP 2017 sudah siap dengan baik, yang menggunakan komputer atau kertas. Soal sudah sampai di kabupaten atau kota termasuk daerah terpencil," ujar Hamid, saat dikonfirmasi secara terpisah, Sabtu (29/4/2017).

Sementara itu, untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sedang dalam proses sinkronisasi. Berdasarkan data yang dariubk.kemdikbud.go.id, wilayah DKI Jakarta adalah yang paling banyak menggelar UNBK. Sebanyak 92,04 persen SMP di Jakarta sudah melakukan UNBK. Sedangkan, 8,03 persen sisanya melaksanakan UNBK dengan menumpang di sekolah lain.

Wilayah yang SMP-nya paling sedikit melaksanakan UNBK adalah Sulawesi Barat dengan angka 0,61 persen. SMP yang melaksanakan UNBK di sekolah lain ada 2,43 persen. Sedangkan, 94,8 persen sisanya melaksanakan UN tertulis atau UNKP.

Secara keseluruhan, jumlah SMP yang melaksanakan UNBK di Indonesia sebesar 85,71 persen, 7,14 persen melaksanakan UNBK di sekolah lain. Sedangkan, 7,14 persen sisanya melaksanakan UNKP. Menurut data Kemdikbud, jumlah total SMP/MTs pada tahun 2017 sebanyak 11.069.

"Untuk yang UNBK dalam proses sinkronisasi, sebagian malah sudah selesai sinkronisasi," pungkas Nizam.

TAGS:
UN SMP dan MTsKemdikbudUjian Nasional Berbasis KomputerUNBK

RELATED STORIES

Loading interface...