Usai Keracunan, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang
ilustrasi
Kesehatan

Usai Keracunan, Ini Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang

Jumat, 24 Jan 2020 | 08:03 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Kita selalu dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan dengan hati-hati. Bahkan, ada yang menganjurkan memasak sendiri daripada sering beli di luaran sana. Nah, alasan utama mengapa kita harus hati-hati kalau ingin makan adalah keracunan. Makanan yang tidak bersih atau mengandung patogen atau barang berbahaya lain bisa memicu keracunan yang berbahaya.

Makanan yang Diperbolehkan

Nah, saat keracunan, tubuh biasanya akan mengalami mual, mulas, hingga gangguan berbahaya lainnya. Setelah racun di dalam tubuh dinetralkan atau dikeluarkan, kita harus segera mengonsumsi makanan yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa lemas dan menyuplai energi dalam jumlah banyak. Nah, kira-kira makanan apa saja yang bisa dikonsumsi setelah keracunan?

Setelah mengalami keracunan, Anda harus mengonsumsi beberapa makan di bawah ini untuk membuat kondisi tubuh membaik dan sembuh perlahan-lahan.

1. Air Putih dengan Jumlah Banyak

Saat sedang mengalami keracunan, tubuh akan semakin mudah mengalami gangguan seperti muntah dan diare. Dua masalah ini memicu tubuh kehilangan banyak sekali cairan yang sangat penting. Nah, cara terbaik untuk mengatasi kondisi lemas berlebihan saat mengalami ini adalah mengonsumsi air putih dalam jumlah banyak.

Kalau ada air mineral atau air dengan elektrolit tinggi seperti minuman untuk olahraga akan lebih membantu lagi. Tubuh membutuhkan suplai air dan mineral yang terus saja keluar. Oh ya, Anda juga boleh mengonsumsi kaldu ayam atau sayuran untuk alternatif minuman yang nikmat dan membuat tubuh lebih kuat.

2. Makanan yang Membuat Perut Nyaman

Setelah keracunan perut akan mengalami masalah seperti nyeri dan tidak bisa menerima berbagai jenis makanan. Tugas Anda adalah mengonsumsi makanan yang nyaman di perut, enak, dan memberikan nutrisi yang cukup banyak. Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi terdiri dari: pisang, putih telur, nasi, madu, roti, dan agar-agar atau jeli.

Makanan dengan rasa manis dan asin juga cukup disarankan. Makanan itu akan memberikan energi yang cukup besar pada tubuh dan juga memenuhi kebutuhan mineral.

3. Mengonsumsi Obat Tradisional

Home remedy atau obat tradisional adalah hal terakhir yang bisa kita lakukan. Tanpa harus menggunakan obat, kita bisa membuat tubuh menjadi lebih baik. Beberapa jenis home remedy yang bisa disiapkan adalah wedang jahe, yoghurt dengan campuran buah, atau air kelapa muda dengan gula merah.

TAGS:
keracunanmakanan

RELATED STORIES

Loading interface...