Viral, Foto Jokowi Muncul Saat Ketik “Monyet Cukur Rambut” di Google
Presiden Jokowi saat mengikuti cukur rambut massal (Foto: Liputan6/Angga Yuniar)
Viral

Viral, Foto Jokowi Muncul Saat Ketik “Monyet Cukur Rambut” di Google

Jumat, 5 Jul 2019 | 09:55 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Pekan ini, ada saja perilaku warganet yang jadi viral. Salah satunya kalimat ajakan yang bikin penasaran dari akun Facebook bernama Gandhi Waluyan. Pemilik akun tersebut menuliskan “coba ketik di google: monyet cukur rambut. Mesin pencari berita ini akan memunculkan gambar,” pada Rabu, 3 Juli 2019.

image0

Warganet pun beramai-ramai menuruti ajakan akun tersebut. Hasilnya menjadi viral, sebab yang muncul dalam mesin pencari google adalah gambar presiden Joko Widodo yang sedang dicukur rambutnya. Yang cukup mencengangkan, justru gambar Jokowi inilah yang berada di daftar pertama daripada gambar monyet cukur rambut yang sebenarnya.

Tak hanya Jokowi, foto meme presiden Amerika Serikat, Donald Trump juga masuk di deratan foto hasil pencarian kata kunci “monyet cukur rambut” di Google. Banyak yang penasaran, mengapa hal ini bisa terjadi?

image1

Dikutip dari Kompas.com (5/7/2019) yang melansir keterangan tertulis Reinardo Sinaga, Ketua Umum Hoax Crisis Centre (HCC) Kalimantan Barat atas tanggapannya terkait respons warganet yang viral di daerahnya ini.

Menurut pria yang akrab disapa Edo itu, tak perlu panik atau khawatir dengan kata kunci “monyet cukur rambut” di kolom pencarian Google. “Jawabannya mudah. Karena semua foto itu berasal dari berita yang dimuat di sejumlah media nasional yang memuat kata kunci ‘cukur rambut’,” tulis Edo, Rabu (3/7/2019).

Lebih lanjut Edo menjelaskan, foto-foto itu saat ditelusuri berasal dari media-media nasional yang memuat berita tentang jokowi mencukur rambutnya. “Sehingga kata kunci cukur rambut di sini terlacak oleh mesin Google,” terangnya.

Dampaknya, SEO (search engine optimization) dari setiap media online tersebut membuat foto Jokowi di artikel tersebut terpampang di halaman pertama Google, sebab sitem pencarian Google membaca kata yang populer dan paling trending terlebih dahulu. Yakni berita tentang ‘cukur rambut’-nya Jokowi, bukan monyetnya.

“Nah, inilah sisi negatifnya SEO di Google. Jadi, pengguna internet jangan panik. Mari kita bijak sebagai pengguna,” ajak Edo.

 

TAGS:
JokowiDonald TrumpviralmonyetCukur Rambut

RELATED STORIES

Loading interface...