Viral Influencer Rusia Panjat Piramida Giza Demi Konten Medsos
Foto: Instagram.com/kingvitaly
Viral

Viral Influencer Rusia Panjat Piramida Giza Demi Konten Medsos

Jumat, 24 Jan 2020 | 16:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Seorang influencer asal Rusia, Vitaly Zdirivetskiy, melakukan pelanggaran di Piramida Giza, Mesir. Pemilik akun Instagram @kingvitaly ini diketahui telah memanjat situs warisan dunia UNISECO hingga ke puncaknya, pada November 2019.

Tindakan yang dilakukannya ini diabadikan olehnya dalam sebuah foto dan video. Bukannya merasa bersalah, Vitaly malah sengaja memamerkan foto dan video tersebut di media sosialnya.

Padahal sudah ada peraturan yang menyebutkan kalau ada orang yang memanjat bangunan bersejarah itu tanpa izin, maka akan dijatuhi setidaknya satu bulan penjara dan/atau denda antara EGP10.000 atau sekitar Rp8,6 juta hingga EGP 100.000 yang setara dengan Rp86 juta.

Dia mengaku kalau telah ditahan oleh pihak kepolisian Mesir selama 5 hari. Setelah dibebaskan, ia pun segera mengunggah video dan foto yang diambilnya saat di Piramida Giza ke akun Instagramnya.

“Aku melakukan ini untuk tujuan yang baik dan itu membuatku ditahan selama lima malam di Mesir. Meskipun aku telah dipenjara di seluruh dunia berkali-kali karena aksiku sebelumnya, yang satu ini telah menjadi pengalaman paling mengerikan dalam hidupku,” tulis Vitaly dalam akun Instagramnya.

Vitaly menjelaskan kalau aksinya ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran orang-orang tentang kebakaran hutan yang terjadi di Australia dan mengumpulkan uang yang nantinya akan disumbangkan ke badan amal Australia.

“Hentikan perang, bantu Australia. Ayo kumpulkan uang,” kata Vitaly dalam videonya.

Akan tetapi, aksi Vitaly ini mendapatkan banyak kritikan dari warganet. Mereka mengatakan kalau tindakan Vitaly telah menggunakan tragedi yang terjadi di Australia untuk mencari sensasi.

TAGS:
viralinfluencerpanjat piramidamesir

RELATED STORIES

Loading interface...