Viral Nenek Berusia 50 Tahun yang Rambutnya Jadi Sarang Tikus
Foto: Relawan ACT Kabupaten Semarang
Viral

Viral Nenek Berusia 50 Tahun yang Rambutnya Jadi Sarang Tikus

Selasa, 28 Jan 2020 | 10:48 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Seorang pria bernama Ardian Kurniawan Santoso, koordinator lapangan relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendatangi seorang perempuan berusia sekitar 50 tahun yang tinggal sebatang kara, Kamis (23/01). Sukiyah merupakan warga di Dusun Karangombo, Desa Polobogo, Kecamatan Getasan, Kabutapaten Semarang. Dia sudah tinggal di rumah tersebut selama 27 tahun.

Dikutip dari Kompas.com, Sukiyah diketahui mengalami kebutaan sejak ia berusia 5 tahun dan ibunya telah meninggal 3 tahun yang lalu. Selain tak bisa melihat, Sukiyah juga mengalami kesulitan dalam berjalan sehingga membuatnya buang air kecil dan besar di tempat yang sama.

Pertemuan Ardian dan Sukiyah terjadi karena seorang temannya yang mengatakan kalau terdapat seorang wanita yang hidup memprihatinkan. Ardian juga mendengar kalau warga setempat takut untuk mendekati Sukiyah karena ia memiliki rambut gimbal dan penampilannya yang menyeramkan.

image0

“Teman saya bercerita, ada seorang perempuan kurang waras tinggal sendiir di rumah kumuh. Tetangga dan keluarga takut untuk mendekat karena menyeramkan,” ujar Ardian.

Sesampainya di rumah Sukiyah, Adrian pun berusaha untuk membujuknya untuk berbicara. Dia juga meminta izin kepada wanita itu, untuk memotong rambut gimbalnya sepanjang 2 meter yang sudah menjadi sarang tikus.

image1

“Saya pegang tangannya. Dia lantas balas pegang. Dipegang tangan saya erat sekali. Tiba-tiba dia bicara lantang dan mau diajak ngomong,” imbuhnya.

Untuk memotong rambut Sukiyah, Ardian membutuhkan waktu sekitar 20 menit karena kondisi rambutnya yang keras. Setelah dipotong, Sukiyah pun dibawa ke yayasan sosial yang berjarak sekitar 4 kilometer dari rumahnya.

TAGS:
viralSukiyahSemarangACT

RELATED STORIES

Loading interface...