Viral Video Kantung Empedu Penuh Boba, Asli atau Hoaks?
Kantung empedu yang penuh boba (foto: Instagram.com/justgeneralsurgeon)
Viral

Viral Video Kantung Empedu Penuh Boba, Asli atau Hoaks?

Senin, 20 Jan 2020 | 09:08 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Sebuah video yang berisi tumpukan boba di usus baru-baru ini viral di kalangan warganet. Disebutkan, terlalu banyak mengonsumsi boba bisa membuat usus terseumbat seperti penggalan video yang seram tersebut.

Dalam video amatir yang direkam seseorang tersebut, seorang dokter bedah nampak memamerkan satu organ dalam. Organ tersebut mirip usus, namun ada yang mengatakan bahwa organ tersebut adalah kantung empedu. Ketika dibedah, organ tersebut mengeluarkan butiran-butiran hitam yang terlihat seperti boba.

“Hati-hati ya teman-teman kalau beli minuman boba, jangan sering-sering. Tolong jaga kesehatan,” tulis seorang netizen.

Video ini sebenarnya berasal dari unggahan akun @justageneralsurgeon di Instagram. Dalam caption video tersebut ditulis ‘bag of boba’. Namun unggahan tersebut disertai dengan tagar #gallstones (batu empedu).

Dalam unggahan tersebut, sang pemilik akun sebenarnya tengah memamerkan operasi kantung empedu yang dipenuhi dengan kristal-kristal batu empedu. Bentuk batu empedu itu memang terlihat seperti boba.

Sebenarnya bukan kali ini saja batu empedu dijadikan hoaks untuk menakut-naukti para penggemar minuman boba. Beberapa waktu lalu juga sempat viral sebuah foto X-ray yang menunjukkan penumpukan boba di dalam usus. Namun hal tersebut ternyata diambil dari sebuah jurnal penelitian yang menyoroti tentang bantu empedu.

Beberapa pakar menjelaskan bahwa boba dibuat dari tepung tapioka dan agak susah dicerna di dalam perut. Namun kamu harus ingat bahwa pencernaan tidak hanya terjadi secara kimiawi di dalam perut, namun ada juga pencernaan secara mekanis melalui mulut.

TAGS:
minuman bobabobaboba milk teaoperasi ususDokter Bedahusus terseumbatkantung empedu

RELATED STORIES

Loading interface...