Virus Corona Jadi Sorotan, Penggemar K-Pop Kenang Kembali Wafatnya Idol Generasi Pertama ini di Usia Muda Karena Pneumonia

Nisa Diniah

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 2 Menit

Virus Corona Jadi Sorotan, Penggemar K-Pop Kenang Kembali Wafatnya Idol Generasi Pertama ini di Usia Muda Karena Pneumonia
Foto: Pinterest

Winnetnews.com -  Virus corona yang ditemukan di Wuhan, Hubei, China menjadi sorotan dunia belakangan ini. Gejala virus corona mirip dengan pneumonia dan hingga kini belum ada vaksin. 

Virus corona terus mewabah dan menjadi momok bagi banyak warga di berbagai belahan dunia. Dilansir dari AFP, Senin (27/1), total kasus virus corona yang terkonfirmasi meningkat menjadi 2.744 orang. Otoritas China juga menyatakan korban meninggal akibat virus corona melonjak menjadi 80 usai 24 orang kembali meninggal di Hubei.

Merebaknya virus corona membuat para penggemar idol K-Pop menuntut agensi agar menghentikan jadwal para idol di China demi keamanan dan kesehatan. Mereka pun menaikkan tagar #모든_아티스트_스케줄_취소해 (batalkan jadwal untuk semua artis) agar berbagai agensi Korea membatalkan atau menunda jadwal para idol K-Pop hingga situasi mulai membaik.

Melihat pola dari virus ini, netizen Korea dan para penggemar K-Pop kembali mengenang sosok Kim Hwansung, member boy group K-Pop generasi pertama yakni NRG. Dia memulai debut dengan NRG pada tahun 1997. Namun, kabar meninggal Hwansung yang secara tiba–tiba membuat semua orang terkejut dan dunia K-Pop cukup terguncang saat itu. 

Hwansung sempat dirawat di rumah sakit karena memiliki gejala flu dan demam. Dia dipindahkan ke unit perawatan intensif karena kondisinya memburuk. Hwansung kemudian memakai ventilator tetapi kondisinya semakin memburuk setelah tiga hari. Orang tua Hwansung  memutuskan untuk menghentikan perawatan dan akhirnya dia menghembuskan nafas terakhir pada 14 Juni 2000 di usia 19 tahun.

image0

Penyebab kematian Hwansung diduga karena Pneumonia atau radang paru-paru, tetapi karena tubuh Hwansung dikremasi, tidak ada cara untuk membuktikan apakah penyebabnya. Ada dugaan kuat bahwa dia terserang flu saat grupnya sedang tur di China, tidak lama sebelum kematiannya.

image1

NRG sendiri merupakan boy group K-Pop yang sangat populer pada masanya. Mereka juga disebut sebagai salah satu grup K-Pop "pembuka" Hallyu Wave di luar negeri di antara grup generasi pertama lainnya. Popularitas mereka di China juga sangat besar bahkan NRG mengadakan konser tribute di China setelah Hwansung meninggal.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...