Vitamin C Baik untuk Kesehatan Tubuh, Berikut Ulasannya
ilustrasi
Kesehatan

Vitamin C Baik untuk Kesehatan Tubuh, Berikut Ulasannya

Senin, 3 Feb 2020 | 19:19 | Rusmanto
Winnetnews.com - Vitamin C memiliki beragam manfaat dan dapat secara mudah ditemukan pada sayuran dan buah. Biasanya jika daya tahan tubuh melemah, tak jarang dokter meresepkan vitamin C tablet untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda dalam melawan penyakit.

Manfaat vitamin C dalam menjaga daya tahan tubuh

Jaringan dan sistem pertahanan tubuh dapat terbentuk melalui asupan beragam vitamin dan mineral. Salah satu vitamin penting yang mendukung fungsi tubuh adalah vitamin C. 

Tubuh membutuhkan vitamin C dalam membentuk pembuluh darah, tulang rawan, serta kolagen dalam tulang. Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat yang dapat mendorong proses penyembuhan di dalam tubuh.

Meskipun memiliki mekanisme dalam melawan penyakit, tubuh tidak mampu memproduksi vitamin C sendiri. Maka itu, dibutuhkan asupan dari makanan atau minuman yang mengandung asam askorbat ini.

Vitamin C mengandung antioksidan yang tinggi. Salah satu perannya adalah memicu produksi kolagen. Kolagen juga menjadi salah satu protein penting yang dapat diproduksi tubuh dengan bantuan vitamin C. Menurut laman Medical News Today, 1-2% jaringan otot terdiri atas kolagen. Di sini kolagen dibutuhkan tubuh untuk membantu penyembuhan luka.

Selain itu, vitamin C memiliki manfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Jika individu mengalami anemia, vitamin C berkontribusi dalam mengabsorpsi zat besi untuk membentuk hemoglobin dan mengedarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

Di dalam vitamin C, kandungan antioksidan di dalamnya dapat memproteksi sel tubuh dari bahaya radikal bebas. Radikal bebas merupakan komponen yang memberikan stres oksidatif yang dapat meningkatkan peluang kanker, diabetes, sistem saraf pusat, katarak, dan penuaan dini.

Manfaat positif di atas dapat Anda peroleh melalui konsumsi beragam sayuran dan buah yang mengandung vitamin C. 

TAGS:
kesehatanvitamin c

RELATED STORIES

Loading interface...