Wacana Satpol PP DKI Jadi Penyidik: Bisa Periksa Tersangka dan Sita Barang Bukti
Ilustrasi Satpol PP DKI Jakarta (Foto: ANTARA)
Nasional

Wacana Satpol PP DKI Jadi Penyidik: Bisa Periksa Tersangka dan Sita Barang Bukti

Kamis, 22 Jul 2021 | 10:15 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -   Pemprov DKI Jakarta berencana memberi wewenang Satpol PP untuk melakukan penyidikan terhadap pelanggaran Covid-19. Wacana tersebut tertuang dalam draf perubahan Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2020 tentang penanggulangan Covid-19. 

"Selain Penyidik Polisi Negara Republik Indonesia, Pejabat Pegawai Negeri Sipil tertentu di lingkungan Pemerintah Provinsi dan/atau Penyidik Pegawai Negeri Sipil pada Satpol Pamong Praja diberi wewenang khusus sebagai penyidik sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Hukum Acara Pidana untuk melakukan penyidikan atas pelanggaran dalam Peraturan Daerah ini," demikian bunyi Pasal 28A dalam draf tersebut.

Dijelaskan juga bahwa Satpol PP memiliki wewenang untuk memeriksa laporan aduan tindak pidana dari masyarakat. Termasuk memanggil tersangka atau saksi dan menyita barang bukti.

"Melakukan pemeriksaan di tempat tertentu yang diduga terdapat bahan bukti, pembukuan, pencatatan dan dokumen lain serta melakukan penyitaan terhadap bahan dan barang hasil kejahatan yang dapat dijadikan bukti dalam perkara tindak pidana," jelasnya.

Namun, Satpol PP wajib melaporkan dimulainya proses penyidikan kepada polisi. Nantinya hasil penyidikan akan diserahkan kepada polisi dan pengadilan negeri.

TAGS:
SatPol PP DKIPemprov DKI Jakarta

RELATED STORIES

Loading interface...