Wanita Kerap Ungkit Kesalahan Masa Lalu saat Adu Argumen, Ini Penyebabnya: Sebuah Studi

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Wanita Kerap Ungkit Kesalahan Masa Lalu saat Adu Argumen, Ini Penyebabnya: Sebuah Studi Wanita cenderung suka mengungkit masa lalu saat bertengkar. (Foto: Johnathanhines)

Winnetnews.com - Saat beradu argumen, wanita cenderung pandai mencari celah kesalahan lawan bicara, meski kesalahan tersebut sudah lama terjadi di masa lalu. Ternyata ada sederet faktor yang melatarbelakanginya.

Penelitian terbaru menunjukkan, wanita memiliki kemampuan ingatan yang lebih tajam dalam hal detail. Mereka selalu bisa mengingat percakapan atau kemungkinan di mana suatu benda mulai menghilang. Ini disebabkan karena wanita punya fitur memori episodik yang lebih baik di banding pria. Memori episodik adalah kemampuan otak untuk mengingat peristiwa secara runut dan detail.

Hal ini berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh psikolog Martin Asperholm bersama Karolinsa Institutet Sweden. Riset tesebut menganalisis 617 studi yang bertema serupa yang dikumpulkan dalam kurun waktu 1973-2013.

“Riset menunjukkan wanita punya kelebihan dalam memori episodik. Kelebihan itu bervariasi, tergantung dari hal apa saja yang diingat,” kata Asperholm, seperti dilansir Daily Mail (31/8/2019).

Inilah alasan mengapa wanita selalu bisa mengingat banyak hal hingga yang terkecil sekalipun. Tak heran jika wanita kerap mengungkit kesalahan pasangan di masa lalu saat beradu argumen.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa wanita memiliki kemampuan ingatan yang lebih kuat terhadap wajah dan memori yang berhubungan dengan indera, seperti aroma.

Meski demikian, bukan berarti wanita superior dalam hal ingatan. Dalam hal khusus, pria juga diketahui memiliki keunggulan dalam ingatan yang berkaitan dengan ruang atau lokasi tertentu.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa perbedaan kognitif antara pria dan wanita memang kecil. Studi besar ini pun diharapkan akan menimbulkan pertanyaan baru tentang memori dan gender.