Wapres AS Mike Pence Akan Tur Asia dan Mampir ke Indonesia
istimewa
Internasional

Wapres AS Mike Pence Akan Tur Asia dan Mampir ke Indonesia

Selasa, 14 Mar 2017 | 09:34 | Rusmanto

WinNetNews.com - Wapres Amerika Serikat Mike Pence akan melakukan tur ke Asia salah satunya ke Indonesia. Pence dijadwalkan bertemu dengan Presiden Jokowi.

Kemarin Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr menyambangi kantor Menkopolhukam Wiranto guna membahas mengenai hal ini. Usai pertemuan, Wiranto menyatakan Pence dan Jokowi nantinya akan membahas mengenai hal-hal strategis.

"Dalam pertemuan juga dibincangkan soal rencana kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat ke Indonesia," ujar Wiranto seusai pertemuan, Senin (13/3/2017) kemarin.

Wiranto mengatakan pertemuan dia dengan Donvan itu membicarakan substansi hal-hal yang akan menjadi bahan pertemuan antara Pence dan Jokowi. Namun, Wiranto belum bisa memastikan kapan pertemuan itu akan dilakukan.

"Yang kami bincangkan bukan waktunya tetapi mengenai substansi apa yang kira-kira nanti bisa dijadikan acuan pembicaraan dengan Presiden Jokowi. Hal-hal yang menyangkut masalah strategis yang bisa dibincangkan," kata Wiranto.

Reuters melaporkan, selain ke Indonesia, Pence juga akan menyambangi Jepang, Korea Selatan dan Australia. Khusus untuk Indonesia, masih menurut sumber dari Reuters , Pence akan membicarakan mengenai kontrak Freeport McMoran, perusahaan tambang raksasa dari AS.

Belum ada konfirmasi dari pihak Indonesia maupun AS mengenai apa yang akan dibicarakan oleh Jokowi dan Pence. Seperti disebutkan di atas, Wiranto hanya menyebutkan pembicaraan kedua pemimpin tersebut akan membahas mengenai hal strategis.

TAGS:
Mike PenceWapres Amerika SerikatPresiden Joko Widodotur AsiaJoseph R. Donovan JrFreeport McMoran

RELATED STORIES

Loading interface...