Waspada, 3 Bahaya Ini Terjadi Saat Gunakan VPN
Technology

Waspada, 3 Bahaya Ini Terjadi Saat Gunakan VPN

Kamis, 23 Mei 2019 | 11:25 | Aldina Putri Nst
Winnetnews.com - Setelah adanya pembatasan untuk beberapa aplikasi media sosial dan platform messaging, seperti WhatsApp dan Instagram, banyak warganet yang menggunakan Virtual Private Network atau VPN untuk mengakses beberapa media sosial tersebut. VPN ini digunakan untuk mengirimkan gambar dan video yang sebelumnya tidak dapat digunakan atau diakses sama sekali dikarenakan adanya pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah.

Akan tetapi penggunaan VPN ini memiliki dampak yang membahayakan yang mengganggu perangkat pengguna. Dikutip dari Restoreprivacy, Rabu (22/5/19), berikut ini ada 5 alasan mengapa layanan VPN berbahaya untuk digunakan.

Mengumpulkan Data Pribadi

VPN mampu melakukan pelacakan untuk mengumpulkan data pribadi yang menggunakannya. Studi yang dilakukan CSIRO menyatakan bahwa 75 persen dari 283 VPN mengandung pelacakan pada kode sumber pengguna. Misalnya saja seperti layanan VPN gratis, aplikasi tersebut dikatakan kemungkinan besar memiliki malware tingkat tinggi.

Jika kamu belum tahu, malware adalah program berbahaya yang bisa datang dalam bentuk apa pun dan tersembunyi keberadaannya. Malware mampu mencuri data dan bahkan melakukan pembajakan akun secara online.

Akses Data Pengguna

Ketika VPN mengumpulkan data pengguna, mereka akan menjual dan mentransfer data pengguna kepada pihak ketiga. Contohnya saja seperti Opera Free VPN yang menawarkan layanan gratis tanpa batas melalui browser, hal ini lah yang menjadi cara mereka untuk mengumpulkan dan membagi data para pengguna.

Membajak Browser

Salah satu cara VPN menghasilkan keuntungan bisa melalui pembajak browser terhadap pengguna. Nah, hal ini biasanya berlangsung saat layanan tersebut mengalihkan browser kepada website partner tanpa adanya izin dari pengguna.

 

TAGS:
VPNMedia Sosial

RELATED STORIES

Loading interface...