Waspada! Coronavirus Sudah Masuk Wilayah Jakarta
Ilustrasi penggunaan masker cegah penyebaran coronavirus. [Foto: Dream]
Jakarta

Waspada! Coronavirus Sudah Masuk Wilayah Jakarta

Jumat, 24 Jan 2020 | 15:10 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Salah seorang pasien di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara, terjangkit coronavirus yang kini tengah mewabah di China. Pihak rumah sakit tengah melakukan observasi lebih lanjut.

Dilansir Detik, berdasarkan penjelasan dari RSPI Sulianti Saroso, pasien tersebut merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari China.

Pasien itu mengalami beberapa tanda mirip dengan seseorang yang terjangkit virus Corona, yakni demam, batuk, dan sesak napas.

Rumah sakit tengah melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kondisi suspect. Dibutuhkan waktu 2-3 hari sampai penelitian selesai.

"Sudah masuk ruang isolasi dan saat ini sedang uji laboratorium untuk mengetahui lebih lanjut apa pasien benar-benar terkena Coronavirus atau tidak. Kita ambil sampel dahak dan cairan dalam hidung untuk penelitian," kata Anggota Kelompok Kerja (Pokja) Penyakit Infeksi Emerging RSPI, Pompini Agustina.

"Tadi ada riwayat ke China begitu," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia.

Dwi menuturkan saat ini pasien tersebut sedang diobservasi di RSPI Sulianti Saroso. Identitas pasien itu tidak disebutkan.

"Kalau orang punya faktor risiko, orang akan diobservasi setelah pemeriksaan lab, langsung lab Kementerian Kesehatan, langsung proses lanjutan," ungkapnya.

Dwi mengatakan hasil laboratorium biasanya keluar dalam beberapa hari. Dia memastikan orang-orang dengan gejala menyerupai virus Corona akan diobservasi.

"Prinsipnya kan kapan kita harus mengobservasi atau memantau orang kalau dia punya gejala, saluran napas, demam, batuk, atau pilek, dan sesak napas, dan ada riwayat dari negara terjangkit. Jadi kalau semua kriteria saya sebut tadi tidak, tidak ada tempatnya untuk menduga seseorang untuk observasi. Kalau memenuhi barulah diobservasi," tandas Dwi. [dtc]

TAGS:
coronavirusRSPI Sulianti SarosoJakarta UtaraChina

RELATED STORIES

Loading interface...