Waspada! Inilah Tanda Gula Darah Meningkat

Oky
Oky

Waspada! Inilah Tanda Gula Darah Meningkat

WinNetNews.com - Kadar gula darah yang melonjak tidak disertai dengan gejala yang khas, malah terkadang, kita sering kali tidak menyadari bahwa itu sedang terjadi dalam tubuh kita.

Normalnya ketika kamu makan sesuatu yang mengandung gula atau karbohidrat, pankreas membuat insulin, hormon yang dibutuhkan tubuh untuk memproses glukosa. Setiap glukosa yang tersisa disimpan di hati agar tidak masuk ke peredaran darah.

"Orang normal yang tidak memiliki masalah dengan kemampuan mereka untuk mengontrol glukosa darah seharusnya tidak pernah mengalami hiperglikemik secara signifikan," kata Deena Adimoolam, MD, asisten profesor endokrinologi di Icahn School of Medicine, Mount Sinai. seperti dikutip dari detikhealth dari laman Self, ditulis Minggu (29/4/2018), ini dia beberapa tanda kadar gula darah sedang melonjak tinggi.

1. Kelelahan

Merasa terlalu lelah atau lemas adalah gejala yang mungkin muncul dalam banyak masalah kesehatan seperti gula darah yang rendah. Namun, ini juga merupakan tanda-tanda ketika gula darah sedang melonjak menurut penjelasan Dr Adimoolam.

Memang sih kelelahan karena aktivitas yang padat bisa juga jadi alasan, tapi kalau kamu keseringan mengalami ini, coba deh cek gula darahmu dan konsultasikan kepada dokter.

 

Event Seru April 2019

 

2. Pandangan yang kabur

Foto: ilustrasi-thinkstock

Jumlah glukosa yang berlebih dalam darah dapat mempengaruhi retina dan menyebabkan kondisi yang disebut retinopati diabetik. Akibatnya, kamu mungkin melihat penglihatan kabur.

Di samping itu, gejala seperti sakit kepala juga sering menyertai. Lagi-lagi ini memang tanda yang cukup umum, karena itu kamu juga harus lebih pandai menangkap ciri-ciri yang muncul.

3. Haus terus

Glukosa ekstra itu juga dapat mempengaruhi ginjal yang bertanggung jawab dalam mengeluarkan kelebihan air dari darah dan menghasilkan air seni. Memiliki terlalu banyak glukosa dalam darah dapat merusak pembuluh darah di ginjal yang membuat proses penyaringan menjadi kurang efisien dan menyebabkan seseorang kencing lebih banyak.

Karena orang yang memiliki kadar gula darah yang tinggi lebih sering buang air kecil, ia juga jadi mudah merasa haus dibandingkan biasanya, menurut Dr Adimoolam.

4. Gejala lainnya

Foto: iStock

Jika gejala gula darah tinggi tidak ditangani, tanda-tanda yang muncul dapat menjadi lebih jelas dan parah selama beberapa hari atau minggu ke depan. Menurut Mayo Clinic ini dia ciri lainnya yang dapat terjadi ketika seseorang mengalami lonjakan gula darah.

  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Mulut kering
  •  Meningkatnya rasa lapar
  •  Kebingungan
  •  Sesak nafas
  •  Nyeri perut

 

 

Penulis : Oky Alexander Weni
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana