Waspada! Malware Berbahaya Menyamar Jadi Aplikasi Google di Android
Techno

Waspada! Malware Berbahaya Menyamar Jadi Aplikasi Google di Android

Sabtu, 16 Jan 2016 | 08:00 | kontri
WinNetNews.com - Perkenalkan, nama dari malware tersebut bernama Android.Spywaller dan cara agar ia dapat menginfeksi Android sebanyak-banyaknya adalah dengan menyamar menjadi salah satu aplikasi antivirus populer yaitu Qihoo 360 atau 360 Mobile Security.

Aplikasi asal Tiongkok ini memang sebelumnya sudah terkenal di negara asalnya, dan mulai pada 2015, mereka melebarkan sayap dengan menampilkan iklan-iklan di negara lainnya termasuk Indonesia.

Jika kamu menggunakan Qihoo 360 sebagai aplikasi keamanan, maka Spywaller akan mematikan koneksi dari aplikasi tersebut dan ia juga akan merekam UID ( unique identifier ) yang digunakan oleh Qihoo 360 dan mengisi file binary -nya dengan milik mereka.

Hal yang unik dari aktivitas dari Spywaller ini adalah mereka mengandalkan DroidWall sebagai alat untuk menghalangi koneksi internet yang digunakan oleh antivirus.

Bagi user yang Androidnya sudah terinfeksi oleh Spywaller, maka malware tersebut akan menyamar dalam bentuk yang unik, yaitu menjadi aplikasi bernama Google Services dan meminta akses administrator untuk mencuri informasi yang dibutuhkan.

Pihak dari salah satu perusahaan keamanan terkenal yaitu Symantec melaporkan bahwa Spywaller dapat dengan mudah mencuri informasi-informasi seperti catatan panggilan, SMS, data browser, email, radio, gambar, kontak, dan data-data penting lainnya. Spywaller juga dapat mencuri informasi dari aplikasi-aplikasi chat seperti BBM, Skype, WeChat, WhatsApp, dan lainnya.

Jadi kini kamu sudah mengetahui kan bahwa di luar sana masih ada ancaman serius terhadap Android kesayangan kamu. Selalu berhati-hati dalam menginstal aplikasi selain dari Google Play Store dan situs-situs terpercaya ya.

(dilansir dan disempurnakan dari jalantikus)

TAGS:
AndroidsymantecwaspadamalwareAndroid.SpywallerSpywallerAndroid spywallerAplikasi berbahayaWaspada! Malware Berbahaya Menyamar Jadi Aplikasi Google di AndroidMalware Berbahaya Ini Menyamar Jadi Aplikasi Google di Android Kamu!

RELATED STORIES

Loading interface...