Waspada, Ternyata Gigi Berlubang Memicu Stroke
Sumber foto: tempo.co
Kesehatan

Waspada, Ternyata Gigi Berlubang Memicu Stroke

Kamis, 28 Mar 2019 | 16:15 | Aldina Putri Nst

Winnetnews.com - Banyak yang menjadi faktor penyakit stroke, salah satunya adalah lubang yang terdapat pada gigi. Kabarnya, lubang gigi yang dibiarkan begitu saja dapat memicu timbulnya beberapa penyakit yang mematikan seperti jantung dan juga stroke.

Bambang Nursasongko, dokter gigi dari Rumah Sakit Siloam Kebon jeruk Jakarta Barat memberikan penjelasan mengenai beberapa bagian yang terdapa di gigi, seperti email, dentin, dan pulpa. Apabila terjadi lubang di bagian email dan dentin, tidak akan terjadi efek yang begitu buruk. Namun jika lubang gigi terjadi pada bagian pulpa, akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Bagian pulpa adalah bagian pembuluh darah, maka itu ini adalah bagian gigi yang paling sensitif. Ketika lubang gigi mengenai daerah pulpa, kuman serta bakteri mampu berjalan melalui pembuluh darah menuju organ vital lainnya termasuk juga jantung. Jika dibandingkan dengan kulit, saat kulit mengalami luka, ia akan menutup lukanya dengan perlahan melalui regenerasi sel. Berbeda dengan gigi yang rusak dapat dibandingkan dengan tembok. Ketika terjadi retak atau timbul lubang pada gigi, maka wajib ditambal sebelum menyebar ke pulpa.

Tidak banyak masyarakat yang mengetahui tentang hal ini, bahkan mereka kerap kali meremehkan lubang yang ada pada gigi.

Dokter spesialis penyakit dalam, dr. Erik Rohmando Purba, SpPD juga menyatakan bahwan gangguan yang terjadi pada gigi sangat berhubungan dengan penyakit stroke dan juga jantung koroner.

“Gigi berlubang memicu gingivitis atau peradangan gusi. Jika dibiarkan, ia menjelma menjadi periodontitis yakni infeksi pada gusi yang merusak jaringan lunak, menghancurkan tulang penyangga gigi, dan meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan masalah kesehatan serius lain. Periodontitis adalah peradangan yang berlangsung selama berbulan-bulan,” ujar Erik.

 

TAGS:
gigi berlubangstrokejantung

RELATED STORIES

Loading interface...