Waspadai 2 Penyakit Berbahaya ini Tersebar Melalui Nyamuk!
Kesehatan

Waspadai 2 Penyakit Berbahaya ini Tersebar Melalui Nyamuk!

Kamis, 21 Jan 2016 | 15:06 | kontributor

WinNetNews.com - Kejadian menyebarnya Ebola di Afrika Barat tahun 2015 lalu menunjukkan bagaimana penyakit tersebut 'diremehkan' dan pada akhirnya menyebar dengan liar. Setelah situasi parah baru peneliti berlomba-lomba melakukan studi ilmiah cara yang diperlukan untuk memeranginya.

Tak ingin mengulang kejadian yang sama, peneliti dunia berusaha lebih waspada dan kini melihat ada dua penyakit tropis yang mungkin menyimpan potensi bahaya baru. Penyakit akibat infeksi bakteri meliodosis dan virus Zika yang menyebar lewat nyamuk.

Baca: Brazil Cegah Penyebaran Virus Zika dengan Nyamuk Mutan

Peneliti di jurnal Nature Microbiology memperingatkan bahaya infeksi meliodosis karena kebal terhadap berbagai jenis antibiotik dan meminta agar diperhatikan oleh pembuat kebijakan dan organisasi kesehatan internasional. Sementara itu ilmuwan dari Oxford University juga memperingatkan bahaya virus Zika yang kini sedang mewabah di Brazil bisa menyebar ke area-area lain.

"Melioidosis adalah peniru yang hebat dari penyakit lain dan Anda memerlukan laboratorium mikrobiologi baik untuk kultur bakteri dan identifikasi agar diagnosisnya akurat," kata Direk Limmathurotsakul, ahli mikrobiologi dari Mahidol University di Thailand.

 

Dalam studi disebut bahwa meliodosis banyak menyerang di Asia Tenggara dan Asia Utara dengan jumlah kasus diprediksi mencapai 165 ribu per tahun. Sekitar 89 ribu di antaranya berakhir fatal.

Virus Zika di lain sisi juga sama merupakan penyakit menular di daerah tropis. Nyamuk Aedes aegypti menjadi penyebarnya dan diduga dapat menyebabkan bayi lahir cacat dengan kepala yang kecil tak berkembang sempurna.

"Ini pasti akan jadi masalah, tetapi begitu sedikit penelitiannya (Zika -red) jadi kita tidak tahu sebesar apa potensi ancamannya," kata profesor dari Global Health Research di Oxford, Trudie Lang, seperti dikutip dari Reuters.

"Kita harus belajar dari kejadian Ebola," pungkas Lang.

TAGS:
Waspadai 2 Penyakit Berbahaya ini Tersebar Melalui Nyamuk!meliodosisbakteri meliodosisvirus zika

RELATED STORIES

Loading interface...