Waspadai...Penyakit yang Mematikan Ini Menyerang Peminum Alkohol
ilustrasi
Kesehatan

Waspadai...Penyakit yang Mematikan Ini Menyerang Peminum Alkohol

Kamis, 8 Apr 2021 | 07:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Peran utama organ hati yaitu menyaring zat racun yang beredar dalam darah. Saat seseorang minum alkohol dalam waktu yang lama, tubuh akan menggantikan jaringan hati yang sehat dengan jaringan parut. Kondisi ini disebut dengan sirosis alkoholik.

Mengenal sirosis alkoholik

image0

Sirosis alkoholik adalah penyakit hati yang paling parah, yang terkait dengan minum alkohol. Menurut American Liver Foundation, antara 10 – 20 persen peminum alkohol berat akan berpeluang mengalami sirosis hati.

Sirosis alkoholik sebenarnya tahapan akhir dari penyakit hati yang diakibatkan oleh kebiasaan minum alkohol. Awalnya, penyakit yang akan diderita orang yang kecanduan alkohol yaitu perlemakan hati (alcoholic fatty liver).

Bila kebiasaan ini terus berlanjut dan tidak melakukan pengobatan yang sesuai, kondisinya berkembang menjadi hepatitis alkoholik, dan kemudian menjadi sirosis hati alkoholik.

Namun, seseorang juga bisa memiliki sirosis hati tanpa pernah mengalami hepatitis alkoholik. Pada sirosis, sel-sel hati sudah rusak dan tidak bisa regenerasi kembali sehingga mengakibatkan hati tidak dapat berfungsi normal lagi.

Menghentikan konsumsi alkohol tidak akan mengembalikan fungsi sel hati yang sudah rusak, tapi hanya agar kerusakan tidak meluas. Selain itu, dengan berhenti minum alkohol segera, dapat meningkatkan harapan hidup seseorang dengan kondisi ini.

Seseorang yang memiliki sirosis alkoholik dan tidak berhenti minum, memiliki kemungkinan kurang dari 50 persen untuk hidup setidaknya selama lima tahun lagi.

Apa saja tanda atau gejala sirosis hati alkoholik?

Terkadang tidak ada gejala yang jelas pada sirosis hati. Namun, biasanya gejala berkembang ketika seseorang berusia antara 30 – 40 tahun.

Tubuh Anda akan mampu mengimbangi fungsi hati yang terbatas pada tahap awal penyakit. Seiring berkembangnya penyakit, gejala akan mulai muncul.

Sirosis alkoholik dapat terjadi tanpa riwayat memiliki perlemakan hati atau hepatitis alkoholik sebelumnya. Atau, sirosis alkoholik dapat didiagnosis bersamaan dengan hepatitis alkoholik akut.

Gejala sirosis alkoholik mirip dengan penyakit hati terkait alkohol lainnya. Gejalanya termasuk:

  • penyakit kuning(jaundice),
  • Kulit gatal (pruritus),
  • Hipertensi portal, peningkatan tekanan darah di pembuluh darah yang bergerak melalui hati, hingga
  • Trombositopenia (penurunan jumlah trombosit), hipoalbuminemia (penurunan albumin dalam darah), koagulopati (gangguan pembekuan darah).
TAGS:
kesehatanalkoholsirosis alkoholik

RELATED STORIES

Loading interface...