Winners, Ini Dia 5 kuliner Enak yang Wajib Kalian Cicipi di Cirebon
Traveling

Winners, Ini Dia 5 kuliner Enak yang Wajib Kalian Cicipi di Cirebon

Jumat, 6 Mei 2016 | 23:15 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Perut terasa lapar, menyantap makanan tentunya jadi obat manjur untuk mengatasi keluhan itu. Makanan khas satu daerah bisa jadi pilihan selain makanan cepat saji yang banyak tersedia.

Begitu juga jika Anda sedang berlibur panjang seperti saat ini. Jika sedang berada di Kota Cirebon, jangan lupa untuk menyantap kuliner khas seperti empal gentong. Nah mau tau lebih lengkap tentang kuliner khas Cirebon lainnya? Berikut KompasTravel sajikan 5 informasi kuliner khas Cirebon.

Nasi jamblang

Bersiaplah lidah bergoyang saat menyantap nasi jamblang. Kuliner yang dulu disajikan dengan bungkusan daun jati, bisa disajikan dengan berbagai pilihan lauk.

Jangan ragu memilih aneka lauk yang tersedia, di antaranya tempe goreng, ikan asin, aneka pepes, ayam goreng, tumis cumi hitam, tumis udang, aneka sate, semur telur, gulai lidah, limpa sapi, paru paru goreng dan banyak lagi.

Pengunjung datang, bebas memilih lauknya sebagai pelengkap nasi dengan harga bervariasi mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 17.500.

Nah di mana bisa makan nasi jamblang? Coba kunjungi Warung Nasi Jamblang Ibu Nur yang berlokasi di Jalan Cangkring II No 34, Nasi Jamblang Mang Dul di depan Grage Mall, dan Nasi Jamblang Pelabuhan yang berada dekat pintu masuk Pelabuhan Cirebon.

Fikria Hidayat Restoran Empal Gentong Bang JT di Cirebon menawarkan empal gentong yang rendah lemak.

image0

Empal gentong

Saatnya menyantap makanan berkuah! Siapkan perut Anda untuk menyeruput kuah empal gentong dengan aneka isi. Anda bisa menemukan isi empal gentong seperti potongan-potongan daging dan jeroan sapi.

Isian yang umum digunakan ialah usus, babat, paru, limpa, dan daging sapi. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 20.000.

Di sepanjang Desa Battembat, ada banyak sekali warung makan empal gentong, di antaranya Empal Gentong Apud, Empal Gentong Bang JT, dan Empal Gentong Amarta. Tapi yang tidak kalah terkenal namanya berada di Jalan Kerucuk, yaitu Empal Gentong Mang Darma.

SUTIONO GUNADI/KOMPASIANA Kuah Mi Koclok ini putih kental, sangat asyik dihirup hangat-hangat di malam hari. Isinya pun mengundang selera, terdiri dari potongan telur rebus, ayam suwir, dan irisan toge, kol, serta daun bawang.

image1

Mi koclok

Bosan dengan empal gentong dan nasi jamblang? Kuliner mi koclok bisa jadi pilihan saat liburan di Cirebon. Rasanya tentu membuat bernafsu untuk makan.

Kuah mi koclok ini putih kental, sangat asyik dihirup hangat-hangat di malam hari. Isinya pun mengundang selera, terdiri dari potongan telur rebus, ayam suwir, irisan taoge, kol, serta daun bawang.

Jika mencari kuliner mi koclok, umumnya bisa dijumpai di kedai mi koclok, terutama di kedai-kedai pinggir jalan, yang biasanya baru dibuka sejak pukul 18.00 hingga tengah malam.

Misalnya untuk mencicipi mi koclok, arahkan perjalanan ke Jalan Lawang Gada. Di sana ada kedai mi koclok yang terkenal yaitu milik Mi Koclok Mas Edy.

Alternatif lain bisa ke Mi Koclok Panjunan di Jalan Panjunan, dan kedai di Jl Tentara Pelajar, Cirebon.

KOMPAS/LUSIANA INDRIASARI Docang, makanan khas Cirebon.

image2

Docang

Apa itu docang? Mungkin nama kuliner itu jauh terbenam dibanding nasi jamblang dan empal gentong.

image3

Docang adalah sajian khas Cirebon yang berbahan lontong, dicampur daun singkong, taoge, parutan kelapa, kerupuk, dan sambal docang yang sudah dikenal sejak jaman wali.

Campuran makanan kemudian disiramkan kuah panas yang diolah dari bumbu rempah pilihan, dan tempe bungkil atau oncom. Paduan bahan makanan dan kuah siap memberikan cita rasa, gurih, segar, sambal yang pedas, dan kehangatan di dalam tubuh Anda.

Beberapa referensi tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menyantap docang adalah sekitar Pasar Kanoman dan depan Stasiun Cirebon Kejaksan Cirebon di Jalan Siliwangi. Datanglah pada pagi hari atau Anda akan kehabisan.

Nasi lengko

Ini dia kuliner khas Cirebon lainnya. Namanya nasi lengko yang mirip dengan nasi pecel.

Isinya berupa nasi yang di atasnya diberi irisan kecil timun, taoge, daun bawang, irisan tempe, dan tahu. Kemudian disiram dengan bumbu kacang yang lumayan pedas beserta taburan bawang goreng dan irisan daun kucai.

Pedas atau manis tergantung selera Anda. Bagi yang gemar pedas, mintalah kepada penjual untuk menambahkan cabe.

Jika tidak, tuangkan kecap di atas sambal sesuai selera. Rasa kecap manis bercampur sambal dijamin lezat di lidah. Jangan lupa siapkan krupuk sebagai teman makan.

Nasi lengko bisa ditemui di sudut-sudut kota Cirebon. Salah satu yang tersohor di Cirebon adalah Warung Nasi Lengko Haji Barno di Jalan Pagongan No 15B, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

image4

Sumber: kompas.com

Foto: travel

TAGS:
cirebonususnasi jamblangtempe gorengempal gentongbabatmi kocokdocangnasi lengko

RELATED STORIES

Loading interface...