Wishnutama: Pariwisata Bali Berpotensi Dibuka saat New Normal
Foto: Wikipedia
Nasional

Wishnutama: Pariwisata Bali Berpotensi Dibuka saat New Normal

Kamis, 28 Mei 2020 | 18:47 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyebut pemerintah akan membuka kembali sektor pariwisata di daerah yang telah aman dari Covid-19. Salah satu daerah yang berpotensi untuk kembali dibuka yakni pariwisata di Bali.

Dilansir dari Republika, Ia menjelaskan, Bali merupakan salah satu provinsi yang penanganan terhadap Covid-19 sangat baik. Karena itu, sektor pariwisatanya pun berpotensi dibuka kembali untuk menarik kunjungan wisatawan domestik.

“Yang menjadi potensi untuk dibuka kembali adalah daerah-daerah yang tadi yang penanganan Covid-nya baik dan lain sebagainya sesuai dengan laporan dari gugus tugas dan lain sebagainya dan memang Bali adalah salah satu provinsi yang sangat baik penanganannya,” jelas Wishnutama saat konferensi pers, Kamis (28/5).

Saat ini, pemerintah tengah mengkaji rencana pembukaan pariwisata di Bali. Kendati demikian, pemerintah harus berkoordinasi lagi dengan kepala daerah setempat sebelum membuka destinasi pariwisata. Koordinasi dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan benar-benar diterapkan dengan baik.

“Koordinasi dan kerja sama pemerintah pusat, pemerintah sampe kabupaten itu adalah hal yang paling penting untuk melaksanakan protokol kesehatan maupun tahapan-tahapan ini,” ucap dia.

Sejumlah tahapan akan dilakukan sebelum membuka destinasi pariwisata. Seperti menyiapkan, mensosialisasikan, serta melaksanakan ujicoba SOP. Menurut Wishnutama, Presiden Jokowi juga telah menegaskan, jika kasus Covid-19 kembali naik di daerah wisata yang telah dibuka, maka destinasi wisata tersebut akan ditutup kembali. 

“Dan tentunya kalau ada yang melanggar kami juga akan berkoordinasi denga pemda. Sampai ada yang melanggar. Ini harus disiplin sekali menurut saya, pelaksanaan SOP ini atau protokol ini harus betul-betul disiplin,” jelas dia.

Presiden Jokowi pun menekankan agar pemberian izin pembukaan destinasi wisata ini tidak dilakukan terburu-buru.

TAGS:
WishnutamapariwisataBalikementerian pariwisata dan ekonomi kreatifnew normal

RELATED STORIES

Loading interface...