Wow, Sekretaris Koperasi Ini Miliki Milyaran Rupiah Hasil Pungli
Uang sitaan Tim Satgasus Bareskrim Polri/Dokumentasi Bareskrim Polri.
News

Wow, Sekretaris Koperasi Ini Miliki Milyaran Rupiah Hasil Pungli

Minggu, 26 Mar 2017 | 13:35 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Penyidik Polri telah menetapkan tersangka atas nama Dwi Hari selaku Sekretaris Koperasi Samudra Sejahtera (Komura), terkait dengan adanya dugaan pemerasan di Terminal Peti Kemas (TPK) Pelabuhan Palaran, Samarinda. Dari hasil penggeledahan di rumah tersangka juga dari kantor Komura di Kota Samarinda, penyidik menemukan beberapa dokumen penempatan deposito di berbagai bank dengan nilai deposito yang bervariasi, antara Rp. 5 Milyar hingga Rp. 20 Milyar. Jika ditotal, deposito tersebut mencapai nilai sebesar Rp. 326 Milyar.

"Penyidik masih melakukan penelusuran terkait dengan asal usul uang yang didepositokan atas nama Komura tersebut. Apabila berasal dari hasil tindak pidana, maka tentunya akan dilakukan penyitaan oleh penyidik," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Agung Setya di Jakarta, Minggu (26/3/2017).

Selain itu, mengutip keterangan resmi yang diterima WinNetNews.com, penyidik juga menemukan banyak transaksi keuangan yang dilakukan oleh tersangka kepada pihak lain, transaksi tersebut baik dalam bentuk tunai maupun transfer kepada pihak-pihak lain.

"Penyidik masih mendalami peran dari pihak lain yang menerima aliran dana dari tersangka. Dalam kasus ini penyidik mempersangkakan dengan pasal pencucian uang, sehingga pihak-pihak yang menerima uang dari tersangka padahal patut diduga berasal dari hasil kejahatan sehingga dapat dikenakan sangsi pidana," tambah Agung.

Penyidikan yang dilakukan oleh Bareskrim ini terkait dengan dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Komura di TPS Pelabuhan Palaran Samarinda, yaitu dengan menetapkan tarif TKBM secara sepihak, sehingga menimbulkan tingginya biaya yang harus di bebankan kepada pemilik barang dalam proses bongkar muat.

TAGS:
Operasi Pemberantasan Punglipelabuhan palaransamarindaBareskrim Polrikoperasiterminal peti kemas

RELATED STORIES

Loading interface...