Wow Ternyata Santan Banyak Khasiatnya Loh untuk Kesehatan
ilustrasi santan ( Photo prosourcecoconut.com )
Kesehatan

Wow Ternyata Santan Banyak Khasiatnya Loh untuk Kesehatan

Sabtu, 14 Des 2019 | 11:19 | Muchdi

Winnetnews.com -  Santan merupakan salah satu bahan yang digunakan pada banyak makanan serta minuman di Indonesia. Baik pada minuman dingin maupun pada minuman panas, sangat banyak kita temui keberadaan santan ini.

Maraknya penggunaan santan ini dilatarbelakangi dengan banyaknya pohon kelapa yang tunggu. Konsumsi buah kelapa ini telah diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan pada tubuh.

Santan biasanya diproduksi melalui daging kelapa yang sudah tua dengan cara memerasnya. Santan ini cenderung menjadi penyedap dan pengubah rasa bagi makanan dan minuman.

Santan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi serta sangat cocok bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah dampak kesehatan yang bisa kamu peroleh dari konsumsi santan.

- Membantu Menurunkan Berat Badan

Peneliti menyebut bahwa santan bisa membantu menurunkan berat badan karena kandungan medium-chain triglycerides (MCTs) di dalamnya. Berdasar penelitian yang dipublikasikan pada European Journal of Clinical Nutrition diketahui bahwa seorang pria kelebihan berat badan yang mengonsumsi makanan dengan kandungan MCTs ini, mereka memiliki lebih sedikit selera makan dibanding sbeelumnya sehingga membantu menurunkan berat badan.

- Memperkuat Kekebalan Tubuh

Kelapa mengandung asam laurik yang bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan memiliki sifat antimikrobial dan anti peradangan yang membantu melindungi tubuh dari sejumlah infeksi bakteri.

- Menurunkan Risiko Tukak Lambung

Berdasar sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Phytotherapy Research, diketahui bahwa air kelapa memiliki kandungan antiulserogenik. Kandungan ini memiliki manfaat menurunkan pertumbuhan tukak lambung dan mengecilkan ukurannya.

- Menunjang Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari santan adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition and Metabolism menyebut bahwa mengonsumsi santan bisa menurunkan kolesterol buruk dan meningkatkan kolesterol baik hingga 18 persen.

TAGS:
santangula darahkelapavitaminkoesterol

RELATED STORIES

Loading interface...