Wow! 'Tol Langit' Resmi Beroperasi
Menkominfo Rudiantara memaparkan proyek Palapa Ring. [Foto: Kominfo.go.id]
Technology

Wow! 'Tol Langit' Resmi Beroperasi

Senin, 14 Okt 2019 | 16:34 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Sejumlah momen krusial terjadi jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih Jokowi-Ma’ruf dalam masa bakti lima tahun ke depan, salah satunya peresmian ‘tol langit’ yang digadang-gadang menjadi dambaan masyarakat Indonesia.

Palapa Ring atau ‘tol langit’ ini adalah proyek infrastruktur telekomunikasi pembangunan serat optik sepanjang 36.000 km. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjadi pihak yang berwenang dalam menangani proyek ini.

Menteri Kominfo, Rudiantara menegaskan, ‘tol langit’ ini bakal menghadirkan kualitas internet cepat bagi 514 kabupaten/kota di Indonesia. Rudiantara menyatakan per Agustus 2019, 514 sudah dihubungkan dengan Palapa Ring tersebut.

image0
joko Widodo meresmikan proyek Palapa Ring, Senin (14/10). [Foto: Bisnis.com]

Mengutip CNBC Indonesia, Rudiantara lantas menceritakan bagaimana jatuh bangun proyek Palapa Ring yang sejak 2005 tidak pernah tereksekusi. Proyek ini, akhirnya baru terlaksana pada 2015 lalu pasca mendapatkan kepastian pembangunan.

"Terima kasih Pak Bambang yang waktu itu mengeluarkan AP [availability payment] dan ibu Sri Mulyani yang mengeluarkan AP untuk Palapa Ring seterusnya," tegasnya.

Rudiantara menjelaskan bahwa infrastruktur informasi dan komunikasi teknologi Indonesia masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga seperti Thailand sampai dengan Malaysia.

Terkait tarif, ada dua tarif penggunaan Palapa Ring, yaitu tarif penyediaan kapasitas lebar pita atau bandwidth dan tarif penyediaan kabel serat optik pasif atau dark fibre. Setiap pengguna jasa penyediaan kapasitas bandwidth hanya dapat menggunakan maksimal sebesar 10 Gbps.

TAGS:
JokowiKominfoRudiantaraPalapa Ringinternet

RELATED STORIES

Loading interface...