Youtube Akan Hentikan Video Terkait Bumi Datar dan Konspirasi Lainnya

Rusmanto
Rusmanto

Youtube Akan Hentikan Video Terkait Bumi Datar dan Konspirasi Lainnya ilustrasi

WinNetNews.com - YouTube akan berhenti merekomendasikan video-video seperti teori Bumi datar dan jenis video berisi konspirasi lainnya.

Layanan berbagi video tersebut berpendapat, video konspirasi memang menyenangkan dan menghibur karena membuat kita berpikir akan sesuatu. Namun, hal ini bisa membahayakan dan membuat orang benar-benar terjerumus dalam konspirasi tersebut.

"Mereka bisa bertindak berdasarkan pemahaman yang salah dimengerti, yang bisa membahayakan diri mereka maupun orang lain," sebut YouTube mengungkap alasan mereka tak lagi merekomendasi video konspirasi, seperti dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (26/1/2019).

Di sisi lain, mustahil untuk melarang peredaran video konspirasi. Hal ini diperparah dengan seringnya algoritma YouTube merekomendasikan video-video semacam ini, meskipun tidak disengaja. Karenanya, YouTube kini berusaha agar video konspirasi tak lagi masuk dalam daftar rekomendasi di layanannya.

"Untuk itu, kami akan mulai mengurangi rekomendasi konten yang memberikan informasi yang salah dan bisa membahayakan, seperti video tentang obat mujarab palsu untuk penyakit serius, mengklaim bahwa bumi datar, atau membuat klaim palsu tentang peristiwa bersejarah seperti tragedi 9/11," kata YouTube.

YouTube memberi catatan, bahwa dengan tidak merekomendasikan, bukan berarti video tersebut tidak tersedia di layanannya. Pengguna masih bisa mencarinya dan tetap akan tayang selama masih sesuai dengan aturan YouTube.

"Kami rasa, perubahan ini merupakan upaya kami membuat YouTube bisa seimbang mengakomodir kebebasan berpendapat, namun juga menjalankan tanggung jawab kami kepada pengguna platform kami," tutup YouTube.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "YouTube Setop Rekomendasi Video Konspirasi Bumi Datar"