Yuk… Atasi Stres Tanpa Tunggu Waktu Lama dengan Cara Ini

Muchdi
Muchdi

Yuk… Atasi Stres Tanpa Tunggu Waktu Lama dengan Cara Ini ilustrasi Melihat akuarium (Caftor-Shutterstock)

WinNetNews.com - Di zaman kiwari, stres tak lagi bisa dihindari. Saat stres melanda, terkadang ada beberapa hal yang tak bisa dikontrol.

Namun, yang patut disadari adalah fakta bahwa stres merupakan bagian dari kehidupan seseorang. Hanya sikap menerima fakta lah obat paling ampuh meredakan stres, di luar beberapa cara pendukung yang bisa Anda lakukan.

Ada banyak cara untuk mengatasi stres. Beberapa di antaranya membutuhkan waktu yang cukup, dan beberapa lainnya hanya berupa perubahan sikap yang sederhana.

Dikutip dari situs CNN Indonesia dari laman Psychology Today, Senin ( 24/12/2018 ), berikut ini beberapa cara untuk mengatasi stress, apa ajah sih, yuk disimak ya.

1. Cuci piring dengan fokus

Jika Anda selalu bertanya-tanya mengapa Anda kerap menikmati aktivitas mencuci piring, maka di sini lah jawabannya.

Para peneliti dari Florida State University menemukan bahwa aktivitas mencuci piring dapat mengurangi stres. Penelitian melaporkan orang-orang yang mencuci piring mengalami penurunan kadar kegelisahan hingga 27 persen dan penguatan mental hingga 25 persen.

Para peneliti memprediksi, setiap aktivitas yang berulang bakal memiliki efek yang sama jika dilakoni dengan penuh perhatian.

2. Membantu orang lain

Tak cuma mendapatkan bantuan dari orang lain yang mampu meredakan stres. Begitu pula halnya dengan memberikan bantuan pada orang lain yang dinilai sama efektifnya untuk mengatasi stres.

Peneliti menemukan bahwa memberikan bantuan pada orang lain--bahkan dengan cara-cara kecil seperti membukakan pintu--dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan.

3. Cium, peluk, dan menggenggam tangan

Berpelukan dapat memperlambat pelepasan kortisol dan meningkatkan aliran endorfin, zat kimia yang memberikan perasaan bahagia melawan stres.

Selain itu, rasa keterkaitan secara emosional dengan seseorang juga dapat memberikan perspektif baru untuk melawan stres. Ketika seseorang menaruh sedikit cinta dalam hidupnya, stres menjadi hal yang kurang penting.

4. Pijatan

Saat stres melanda, Anda bisa mempertimbangkan sebuah pijatan. Dalam sebuah penelitian kecil, orang dewasa yang menerima pijatan ringan hingga 45 menit memperlihatkan penurunan bahan kimia pendorong rasa stres sekaligus meningkatkan kadar oksitosin.

5. Menjahit

Sejumlah bukti menunjukkan bahwa kegiatan menjahit dapat mengurangi perasaan stres bahkan depresi. Selain itu, menjahit juga disebut mampu menangkal penurunan fungsi otak saat seseorang bertambah tua.

6. Menghabiskan waktu di alam bebas

Menghabiskan waktu di alam bebas punya banyak manfaat untuk kesehatan, baik fisik atau psikis. Berjalan di area hijau mampu menurunkan tekanan darah dan meringankan suasana hati yang tertekan atau cemas.

Tak perlu jauh-jauh pergi ke area pegunungan, Anda tinggal membuka jendela kamar dan menatap pepohonan hijau yang ada di taman.

7. Duduk tegak

Duduk dengan tegak dapat membangun ketahanan seseorang terhadap stres, meningkatkan daya ingat untuk tetap berpikir positif, memperkuat kepercayaan diri, dan meningkatkan suasana hati serta produktivitas.

8. Melihat akuarium

Melihat ikan yang berenang disebut mampu menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Sejumlah penelitian telah berhasil mengonfirmasi hipotesa tersebut.

9. Hewan peliharaan atau tanaman hias

Setiap orang punya cara berbeda untuk menangani stres. Beberapa orang merasa hati lega saat asyik mengelus hewan peliharaan. Sementara beberapa yang lain merasa merawat tanaman hias juga menghadirkan dampak yang sama.