Yuk, Cegah Iritasi Ketiak Setelah Cukur dengan Cara Ini!
Sumber: Pixabay
Kesehatan

Yuk, Cegah Iritasi Ketiak Setelah Cukur dengan Cara Ini!

Sabtu, 19 Okt 2019 | 11:42 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Ketiak memang merupakan bagian tubuh yang jarang terlihat oleh orang lain. Namun tak jarang, para kaum wanita sering mencukur rambut/bulu ketiak, dengan alasan kebersihan. Cara mencukur bulu ketiak pun beragam, mulai dari mencabutnya dengan tweezer atau waxing, hingga bercukur. Namun, cara yang paling sering digunakan untuk menghilangkan bulu ketiak adalah dengan mencukurnya.

Bercukur memang merupakan salah satu cara yang mudah untuk dilakukan. Tetapi, perlu kamu ketahui, bercukur juga bisa menimbulkan risiko. Seperti kulit yang lecet, hingga iritasi. Untuk mencegahnya, yuk coba beberapa cara di bawah ini.

Gunakan pakaian yang longgar
Mencukur bulu ketiak, tidak hanya bisa menghilangkan rambut-rambut halus di sana, tapi juga dapat mengikis bagian kulit teratas di area itu. Penggunaan alat cukur yang terlalu keras pun bisa membuat kulit menjadi lecet atau tersayat. Dalam kondisi ini, kamu disarankan untuk menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat. Gunakanlah pakaian berpotongan longgar, agar gesekan antara kulit dengan kain menjadi minim. 

Hindari penggunaan deodorant

image0


Bau badan memang sangat tidak enak. Oleh karena itu, banyak dari kita yang akan menggunakan deodorant untuk menghilangkan aroma tidak sedap tersebut. Tapi, jangan pernah sekali-kali menggunakan deodorant setelah becukur. Bukannya dapat mengharumkan badan, hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sensasi panas atau terbakar dapat muncul di kulit, selain itu kulit yang terkelupas setelah becukur pun juga bisa terasa perih saat terkena deodorant.

Jangan mandi dengan air hangat
Karena kondisi kulit setelah bercukur akan rentan lecet, sebaiknya kamu tidak langsung mandi dengan air hangat. Sebab, uap dari air hangat bisa menghilangkan kandungan minyak pada kulit yang semakin membuat kondisinya menjadi lebih kering. Selain itu, uap air hangat juga dapat membuat kondisi kulit yang lecet menjadi meradang.
 

TAGS:
ketiakIritasicukur bulu ketiakdeodorant

RELATED STORIES

Loading interface...