Yuk… Usir Bosan Saat Terjebak Macet dengan Lakukan 10 Hal Ini

Muchdi
Muchdi

Yuk… Usir Bosan Saat Terjebak Macet dengan Lakukan 10 Hal Ini Ilustrasi macet ( Foto-Istimewa )

WinNetNews.com - Musim hujan telah tiba. Selain kerap membuat sejumlah ruas jalan tergenang air, hujan juga membuat para pengendara mobil terjebak kemacetan.

Tentu saja, jika Anda tinggal di kota metropolitan, kemacetan yang dirasakan akan bertambah. Tak heran, jika hujan plus macet seperti ini, maka akan menimbulkan kecemasan dan dapat merusak mood perjalanan Anda.

Dikutip dari situs Liputan6 dari laman  Driving Tests, Sabtu (3/11/2018), Agar tak terjebak rasa bosan saat dalam posisi ini, Anda bisa melakukan beberapa hal. Berikut tips mengusir kebosanan, yuk di simak ya.

1. Menjaga attitude

Menjaga sikap adalah pilihan terbaik saat terjebak macet. Hal ini bisa juga membuat Anda mampu menahan amarah.

Saat macet, biasanya tidak ada yang bisa dilakukan, selain duduk dan menunggu.

2. Berikan Informasi kepada keluarga

Jika terjebak macet, ada baiknya memberikan kabar baik kepada keluar ga atau siapapun. Sebab, hal ini bisa saja berkaitan dengan sesuatu baik pekerjaan maupun sekolah.

Jika macet, maka berikan kabar menggunakan ponsel, bahwa Anda akan terlambat dari yang telah direncanakan.

3. Matikan mesin jika memang tak lagi bergerak

Mematikan mesin ketika macet parah adalah cara untuk menghemat bahan bakar dan menurunkan emisi. Sebab, kemacetan lalu lintas jadi penyumbang utama kabut asap dan kualitas udara yang buruk.

Pilihan ini bisa dilakukan jika memang kondisi cuaca tidak panas atau dingin seperti di saat musim salju. Sebab, jika cuaca panas dibutuhkan kesejukan, dan saat dingin dibutuhkan kehangatan.

4. Mendengarkan radio

Radio bisa jadi pilihan alternative sebagai media informasi. Hal ini pula bisa membuat Anda mendapatkan informasi soal kemacetan yang terjadi.

5. Tetap waspada

Maksud waspada, yaitu Anda jangan sampai terlelap tidur. Sebab, jika hal itu terjadi, maka Anda tak mengetahui kondisi jalanan yang ternya bisa saja keadaan di sekitar sudah mulai bergerak.

6. Membawa buku

Buku bisa jadi pilihan karena saat macet Anda dapat mengisi waktu luang dengan membaca. Karena itu siapkan buku di dalam mobil sebelum berangkat.

7. Berkomunikasi dengan pengemudi lain

Jika Anda tak tahu sumber masalah kemacaten, ada baiknya bertanya dengan pengemudi lain. Tentu saja, jika Anda cukup menurunkan kaca jendela.

8. Jangan membunyikan klakson

Tak perlu membunyikan klakson, meski Anda mengetahui mobil di jalur berlawanan melaju dengan sangat lancar. Karena itu, Anda tak perlu berkontribusi menambah kebisingann dengan membunyikan klakson.

9. Tak perlu keluar dari mobil

Berdiri di tengah jalan bukanlah ide yang baik, bahkan ketika semua kendaraan berhenti. Anda tidak pernah tahu kapan hal-hal akan bergerak dan tidak ingin menghindari mobil lain.

Selain itu, meninggalkan kendaraan Anda tanpa pengawasan dapat menarik individu lain atau terjadinya pencurian.

10.  Makan camilan

Tentu saja, cemilan ini sangat berguna. Bahkan, dengan adanya cemilan maka bisa menunda lapar.