Yuk…Jaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat dengan 5 Cara Mudah Ini
Ilustrasi menjaga kesehatanjantung agar tetatp sehat ( Photo Istimewa )
Kesehatan

Yuk…Jaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat dengan 5 Cara Mudah Ini

Minggu, 8 Sep 2019 | 14:29 | Muchdi

Winnetnews.com -  Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian yang terjadi di Indonesia. Banyak hal yang mendasarinya, salah satunya tidak karena tidak menerapkan pola hidup sehat.

Ada banyak cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, termasuk olahraga dan tidak merokok. Mempertahankan berat badan yang sehat dan mengendalikan tekanan darah dan kadar kolesterol adalah tiga kunci lagi untuk menjaga kesehatan jantung

Meski demikian, peneliti tetap mencari beragam cara yang lebih sederhana untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan agar organ tersebut tetap sehat. Berikut beragam cara mudah untuk menjaga jantung agar tetap sehat dikutip dari Live Science.

1. Jangan lupa sarapan

Sarapan sehat merupakan cara sederhana untuk menghindari penyumbatan arteri. Orang dewasa yang sering melewatkan sarapan atau hanya minum jus dan kopi, lebih mudah terserang aterosklerosis atau pengerasan dan penyempitan arteri.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang beraktivitas tanpa sarapan cenderung menerapkan pola hidup tidak sehat seperti minum alkohol, dan merokok yang keduanya meningkatkan risiko serangan jantung.

Dalam sebuah studi, orang-orang yang pergi tanpa sarapan juga lebih cenderung kelebihan berat badan dan memiliki kebiasaan makan yang buruk.

2. Lakukan meditasi

Meditasi tidak hanya baik untuk merilekskan tubih dan menenangkan pikiran, tetapi juga memainkan peran dalam mengurangi risiko penyakit jantung menurut penelitian dari American Heart Association.

Masih belum diketahui dengan pasti bagaimana meditasi dapat membantu mencegah penyakit jantung, tetapi setelah meninjau bukti yang ada, para peneliti mengidentifikasi berbagai manfaat potensial bagi jantung dari meditasi.

Berfokus pada napas dapat dikatikan dengan penurunan tingkat stres, kecemasan dan depresi. Srtres dan emosi negatif lainnya dapat memengaruhi risiko seseorang terkena penyakit jantung.

3. Tidak nge-vape

Rokok elektronik sering disebut sebagai pilihan yang lebih baik untuk paru-paru, tetapi sebuah studi kecil dalam jurnal JAMA Cardiology menunjukkan bahwa rokok mungkin tidak aman bagi jantung.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang menggunakan vape selama setidaknya satu tahun memiliki kadar hormon adrenalin yang lebih tinggi di hati mereka dan tanda-tanda stres oksidatif yang memicu penyakit jantung.

TAGS:
jantungsehattidurmerokok

RELATED STORIES

Loading interface...