Yuk…Rutin Olahraga Jalan Kaki, Banyak Manfaatnya Loh Untuk Kesehatan
ilustrasi olahraga jalan kaki ( Photo alodokter.com )
Kesehatan

Yuk…Rutin Olahraga Jalan Kaki, Banyak Manfaatnya Loh Untuk Kesehatan

Minggu, 3 Mei 2020 | 11:50 | Muchdi

Winnetnews.com -  Anda tidak punya waktu untuk pergi ke gym ataupun mengikuti berbagai kelas senam lainnya namun ingin berolahraga? Jalan kaki bisa menjadi opsi terbaik untuk Anda.

Olahraga yang satu ini tidak harus dilakukan di tempat tertentu. Anda dapat berjalan kaki di mana pun dan kapan pun. Olahraga ini juga sangat murah dan ringan untuk dilakukan.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan, jalan kaki mesti dilakukan rutin. Selama 30 menit saja setiap hari sudah cukup untuk memberikan Anda manfaat kesehatan yang sangat besar.

Lantas, seperti apakah manfaat jalan kaki untuk kesehatan seseorang? Berikut penjelasannya yang telah dirangkum oleh tim Ngovee dari Jovee.

1. Menurunkan Tingkat Stres

Berjalan kaki secara rutin setiap hari ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh namun juga tingkat stres pada tubuh. Saat seseorang berjalan kaki, hormon endorfin akan dilepaskan dari tubuh sehingga seseorang akan merasa lebih baik.

Hormon yang juga dikenal sebagai hormon kebahagiaan ini juga mampu menurunkan tingkat depresi seseorang. Mood Anda pun akan semakin membaik saat rutin berjalan kaki.

2. Mencegah Diabetes Mellitus

Berjalan kaki secara rutin juga baik untuk membantu program penurunan gula darah oleh mereka yang menderita diabetes mellitus. Dengan rutin berjalan kaki, risiko penyakit diabetes mellitus bisa menurun hingga 30 persen.

Saat seseorang berjalan kaki, otot di tubuh akan membutuhkan lebih banyak asupan energi dari karbohidrat. Dengan begitu, tumpukan gula dalam tubuh pun akan dibakar.

3. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Rutin berjalan kaki akan menghindarkan Anda dari risiko berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari mampu meningkatkan kemampuan sistem kekebalan dalam tubuh.

4. Mencegah Risiko Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi terjadinya penipisan atau pengeroposan pada tulang sehingga tulang pun menjadi rapuh dan berisiko patah. Untuk dapat mempertahankan kesehatan tulang,selain dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin D dan kalsium tentu adalah dengan rutin berolahraga seperti jalan kaki.

TAGS:
olahragajalan kakiberat badanstres

RELATED STORIES

Loading interface...