Zat Besi Bisa Mencegah Dimensia & Alzheimer! ini 9 Manfaat Penting Lainnya!
Kesehatan

Zat Besi Bisa Mencegah Dimensia & Alzheimer! ini 9 Manfaat Penting Lainnya!

Kamis, 24 Agt 2017 | 11:27 | kontributor

winnetnews.com - Zat besi adalah mineral penting bagi tubuh. Manfaat zat besi terutama untuk membawa oksigen ke sel-sel darah. Tidak dapat dipungkiri bahwa zat besi memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Manfaat zat besi yang utama yaitu berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan serta menjaga kesehatan tubuh.

Mungkin akan timbul pertanyaan dalam benak kita, mengapa tubuh kita memerlukan Zat Besi? Apa saja manfaat Zat Besi bagi tubuh? Zat Besi juga merupakan komponen penting dari Hemoglobin yaitu zat dalam sel darah merah yang bertugas untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Sebaliknya, kekurangan zat besi akan membuat tubuh kita merugi, karena dapat menyebabkan penyakit-penyakit seperti anemia defisiensi besi, anemia kronis, gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Lantas apa saja sih sebenarnya manfaat zat besi dalam tubuh kita? Simak penjelasannya berikut ini ya!

Pembentukan Hemoglobin

Ini adalah fungsi dan manfaat zat besi yang paling utama.Hemoglobin sangat penting dan selalu diproduksi oleh tubuh karena manusia cenderung kehilangan darah melalui berbagai sebab seperti hancurnya sel darah merah karena memang sudah saatnya rusak, melalui luka, baik luka dalam maupun luar. Terutama, pada wanita akan banyak kehilangan darah setiap bulan selama periode menstruasi , itulah kenapa perempuan lebih berisiko menderita anemia dibandingkan laki-laki. Jika seseorang kekurangan zat besi sehingga hemoglobin menjadi rendah maka dapat menyebabkan anemia difisiensi besi.

Fungsi Otot

Manfaat Zat besi sangat penting bagi kerja otot, karena zat besi merupakan unsur penting yang ada pada otot yang berupa mioglobin. Mioglobin mengangkut oksigen dari hemoglobin dan berdifusi ke seluruh sel-sel otot. Tanpa Zat besi, otot akan kehilangan kekuatan dan elastisitasnya; sehingga kelemahan otot adalah salah satu tanda yang paling jelas dari anemia akibat kekurangan zat besi.

Fungsi Otak

Peningkatan perkembangan otak juga merupakan salah satu dari sekian banyak manfaat zat besi. Karena pasokan oksigen dalam darah dibantu oleh besi dan tentunya ini sangat penting karena otak menggunakan sekitar 20% oksigen darah. Dengan demikian zat besi secara langsung berhubungan dengan kesehatan dan fungsi otak. Hal ini akan menunjang aktivitas kognitif dan membantu untuk menciptakan jalur saraf baru untuk mencegah gangguan kognitif seperti demensia dan penyakit Alzheimer. Oleh karena bagi mereka yang terpenuhi kebutuhan zat besinya, juga akan lebih mudah untuk konsentrasi.

Membawa Oksigen

Zat besi berfungsi sebagai pembawa oksigen dan berperan dalam mentransfer oksigen antar sel  sehingga oksigen dapat diistribusikan ke seluruh tubuh untuk menjamin fungsi-fungsi organ berlangsung dengan semestinya.

 

Pengaturan Suhu Tubuh

Zat besi adalah fasilitator penting untuk mengatur suhu tubuh. Menjaga suhu tubuh tetap stabil akan memungkinkan proses enzimatik dan metabolisme dapat terjadi dengan optimal pada suhu yang sesuai.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Zat besi berperan penting dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi. Kekurangan zat besi menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit.

Membantu Metabolisme

Zat besi juga berperan dalam metabolisma energi dalam tubuh, dimana energi yang diekstrak dari makanan yang dikonsumsi akan didistribusikan ke seluruh tubuh.

Mencegah dan Menyembuhkan Anemia

Kekurangan asupan zat besi dari makanan dapat menyebabkan anemia (kurang darah). Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit anemia.

Membantu Pembentukan Enzim

Zat besi merupakan komponen penting penyusun beberapa jenis enzim dan bahan penting lainnya dalam tubuh seperti myoglobin, cytochrome dan katalase.

Itulah 9 manfaat penting zat besi untuk tubuh kita. Mengingat tidak sedikit fungsinya untuk tubuh, kita perlu mencukupi kebutuhan zat besi dengan baik. Kekurangan zat besi akan membuat tubuh kita mengalami penurunan fungsi kerja pada beberapa organ. Sebaliknya, kelebihan zat besi juga tidak baik untuk tubuh kita.

 

TAGS:
zat besidimensiaalzheimerAnemiametabolismeotakoksigendarahototSuhu Tubuhkurang zat besikelebihan zat besimanfaat zat besi

RELATED STORIES

Loading interface...